Pages

Subscribe:

Labels

Senin, 26 November 2012

TUGAS SIA (MINGGU VIII)


SISTEM INFORMASI AKUNTANSI

8. Pengembangan Keputusan dan Laporan-Laporan Manajemen

Organisasi dalam manajemen merupakan elemen yang harus ada,karena manajemen itu bisa berlangsung jika ada organisasi yang menjadi media aktifitas manajemen.Organizing dimaksud mengelompokan kegiatan yang diperlukan untuk penetapan susunan organisasi serta tugas dan fugsi-fungsi setiap unit yang ada dalam organisasi,serta menetapkan kedudukan dan sifat hubungan antara masing-masing unit tersebut.
Organisasi atau pengorganissian dapat pula dirumuskan sebagai aktivitas manajemen dalam pengelompokan orang-orang serta penetapan tugas-tugas,fungsi,wewenang,serta tanggung jawawab masing-masing dengan tujuan terciptanya aktivitaas-aktivitas yang berdaya guna dan berhasil guna dalam mencapai tujuan yang telah diteyapkan terlebih dahulu.

8.1. Manajer dan Keputusan

Sistem informasi adalah serangkaian prosedur terorganisir yang dilaksanakan untuk memberikan informasi yang mendukung pengambilan keputusan dan kontrol dalam organisasi. Terdapat 3 tingkatan yang terdat di dalam aktifitas pengambilan keputusan. Dari tingkat dasar yaitu Operational Control, tingkat menengah yaitu Management Control, tingkat tertinggi adalah Strategic Planning. Pada suatu organisasi, setiap tingkatan manajerial melakukan aktifitas yang berbeda-beda. Para manajer pada setiap tingkat menghadapi keputusan yang berbeda. Perbedaan dalam proses pengambilan keputusan di antara tingkatan menciptakan perbedaan dalam jenis sistem informasi yang diperlukan. Masing-masing sistem harus disesuaikan dengan problem terstruktur, semi terstruktur atau tak terstruktur yang dihadapi oleh manajer pada masing-masing tingkatan.

8.2. Pelaporan kepada Manajemen

Dalam sistem informasi akuntansi manajerial, informasi mengalir dalam dua arah. Arus dari puncak ke bawah berasal dari kejadian yang terjadi pada tingkatan manajemen puncak. Kejadian tersebut dicatat, dibuatkan kesimpulan dan kepada disampaikan tingkatan manajemen yang lebih rendah. Misalkan anggaran belanja periodik, yang memberikan para manajer pernyataan kuantitatif mengenai rencana organisasi. Sedangkan arus dari bawah ke atas, berawal dari kejadian yang berlangsung pada tingkatan manajemen yang lebih rendah dalam struktur organisasi dan dilaporkan pada tingkatan manajemen yang lebih tinggi dalam bentuk laporan pertanggung jawaban.

Pertanyaan dan Jawaban

1. Ada 3 tingkatan yang terdapat di dalam aktifitas pengambilan keputusan yaitu, kecuali…
a. Operational Control
b. Management Control
c. Strategic Planning
d. Organization

Jawaban : D

2. Suatu sistem informasi yang memberikan informasi terutama pada tingkat yang lebih tinggi untuk membantu pengambilan keputusan, yaitu pengertian dari…
a. Sistem Pengaturan
b. Sistem Penunjang Keputusan
c. Sistem Pengawasan
d. Sistem Pemecahan Masalah

Jawaban : B

3. Jelaskan secara singkat mengenai sistem informasi!

Jawaban :
Sistem informasi adalah serangkaian prosedur terorganisir yang dilaksanakan untuk memberikan informasi yang mendukung pengambilan keputusan dan kontrol dalam organisasi.

4. Jelaskan secara singkat mengenai directing!

Jawaban :
Directing atau commanding adalah fungsi manajemen yang berhubungan dengan usaha memberi bimbingan,saran,perintah-perintah atau instruksi kepada bawahan dalam melaksanakan tugas masing-masing,agar tugas dapat dilaksanakan dengan baik dan benar-benar tertuju pada tujuan yang telah ditetapkan.

5. Jelaskan secara singkat mengenai Coordinatoring!

Jawaban :
Coordinating atau mengkoordinasi merupakan salah satu fungsi manajemen untuk melakukan berbagai kegiatan agar tidak terjadi kekacauan kegiatan,dengan jalan menghubungkan, menyatukan dan menyelaraskan pekerjaan bawahan sehingga terdapat kerjasama yang terarah dalam usaha mecapai tujuan organisasi.

0 komentar:

Posting Komentar