Pages

Subscribe:

Labels

Senin, 26 November 2012

TUGAS SIA (MINGGU VII)


SISTEM INFORMASI AKUNTANSI

7. Pengembangan Sistem : Suatu Survei

Pengembangan sistem adalah proses memodifikasi atau mengubah sebagian atau seluruh sistem informasi. Analisis sistem merupakan tanggungjawab untuk pengembangan rancangan umum aplikasi-aplikasi sistem. Terdapat empat tahap atau langkah umum dalam analisis sistem, yaitu :

1. Survei sistem berjalan
2. Menngidentifikasi kebutuhan informasi pemakai
3. Mengidentifikasi kebutuhan sistem yang perlu untuk memenuhi kebutuhan informasi pemakai
4. Penyajian laporan analisis sistem

7.1. Siklus Hidup Pengembangan Sistem

Konsep siklus hidup mempunyai implikasi bahwa setiap proyek pengembangan sistem harus dibagi dalam tahap-tahap berbeda dengan titik pengendalian manajemen yang formal diletakkan diantara tahap-tahap.
Rekayasa ulang bisnis
Rekayasa ulang bisnis adalah istilah yang diterapkan dalam pengembangan sistem dimana seluruh fungsi bisnis dirancang ulang dari dasar. Rekayasa ulang bisnis didorong oleh beberapa faktor. Salah satunya yaitu gerakan gugus kinerja mutu-total quality manajemen dalam bisnis.

Rekayasa ulang dan inovasi proses
Rekayasa ulang dan inovasi proses adalah berpikir-ulang secara fundamental dan merancang-ulang proses bisnis untuk menghasilkan pengembangan dramatis dalam pengukuran kinerja kontemporer yang penting seperti biaya, kualitas, dan kecepatan.

Peran teknologi informasi
Teknologi informasi merupakan alat tepat untuk melakukan inovasi proses. Tetapi teknologi informasi tidak dapat mengubah proses itu sendiri. Faktor sumber daya manusia juga harus diperhitungkan. Inovasi proses tidak muncul tanpa pertimbangan yang cermat atas masalah teknik dan manusia.

7.2. Standar-Standar Dokumentasi

Tinjauan atas dokumentasi pengembangan sistem

Format khusus dari dokumentasi pengembangan sistem biasanya disebutkan dalam standar-standar dokumentasi pengembangan sistem organisasi.
1. Studi kelayakan : Analisis yang dilakukan untuk menentukan apakah proyek layak dipertimbangkan atau tidak. Tujuannya untuk menjawab seluruh pertanyaan kelayakan teknis, ekonomis dan operasional,
2. Diagram arus logis,
3. Kamus-kamus data : mendokumentasikan muatan khusus basis data,
4. Perancangan konseptual : dasar perancangan sistem yang rinci,
5. Laporan perancangan sistem : translasi dari laporan perancangan konseptual ke dalam kinerja sistem yang rinci dan spesifikasi fungsional yang diperlukan untuk memulai perancangan sistem secara fisik,
6. Bagan alir dan tabel keputusan,
7. Deskripsi program,
8. Prosedur-prosedur operasi, manual berjalan. Manual berjalan adalah kumpulan dokumen yang terorganisasi yang berkaitan dengan prosedur-prosedur operasi mencakup aplikasi-aplikasi tertentu,
9. Deskripsi berkas : prosedur-prosedur memasukkan data,
10. Rencana pengubahan,
11. Skedul operasi dan perawatan,
12. Rencana audit,
13. Komentar pemakai.

7.3. Teknologi dan Praktik Pengembangan Sistem

Analisis atau pemrograman dengan cara perancangan dan pengkodean program dan pengorganisasian personel-personel.

Pemrograman Terstruktur
Konsep yang berkaitan dengan gaya pemrogaman umum, tim, bantuan teknis.

Computer-Aided Software Engineering (CASE)
Merupakan proses yang menggunakan teknologi perangkat lunak computer yang menunjang bidang rekayasa otomatis untuk mengembangkan dan memelihara perangkat lunak.
Repositori, peralatan pengdiagraman, pemferifikasi syntax, prototyping, pembuatan kode, manajemen proyek.

Prototyping
Merupakan proses iteratif, kebutuhan-kebutuhan awal si pemakai diestimasikan, diimplementasikan di dalam prototype sistem.

7.4. Perencanaan dan Pengorganisasian Proyek Sistem

Seleksi Proyek
Jika sumber daya organisasi terbatas, sumberdaya pengembangan proyek harus dialokasikan ke proyek-proyek yang bersangkutan yang dapat menghasilkan manfaat terbesar bagi organisasi. Seleksi proyek biasanya merupakan tanggungjawab dewan pengarah(steering committee) atau unit organisasi lain untuk menjamin adanya partisipasi pemakai dalam proses seleksi.

Tim Proyek
Pimpinan proyek memiliki tanggungjawab langung kepada dewan pengarah dalam hal perkembangan dan penyelesaian proyek. Dewan pengarah atau unit organisasi serupa digunakan sebagai jaminan adanya keterlibatan pemakai dalam pekerjaan di departemen sistem informasi.

Perincian Proyek Ke Dalam Tahap-Tahap Dan Tugas-Tugas
Untuk merencanakan dan mengendalikan proyek secara efektif, aktivitas-aktivitas yang dibutuhkan dirincikan atau dipilih menjadi daftar tugas dan tahap-tahap yang lengkap. Tujuan perincian proyek adalah membantu penugasan dan pengendalian tenaga kerja dan sumberdaya proyek lainnnya.

Estimasi Waktu
Mengestimasikan waktu penyelesaian tugas secara akurat untuk proyek sistem merupakan hal yang sulit karena adanya ketidakpastian-ketidakpastian yang inheren dalam pengembangan sistem.

Pertanyaan dan Jawaban

1. Berikut ini adalah tahap atau langkah umum dalam analisis system, kecuali…
a. Estimasi Waktu
b. Survei sistem berjalan
c. Penyajian laporan analisis system
d. Menngidentifikasi kebutuhan informasi pemakai

Jawaban : A

2. Proses yang menggunakan teknologi perangkat lunak computer yang menunjang bidang rekayasa otomatis untuk mengembangkan dan memelihara perangkat lunak. Pernyataan tersebut adalah pengertian dari…
a. Computer-Aided Software Engineering
b. Computer-Aided Hardware Engineering
c. Computer-Aided Software Manufacture
d. Computer-Aided Hardware Manufacture

Jawaban : A

3. Jelaskan secara singkat mengenai studi kelayakan!

Jawaban:
Analisis yang dilakukan untuk menentukan apakah proyek layak dipertimbangkan atau tidak. Tujuannya untuk menjawab seluruh pertanyaan kelayakan teknis, ekonomis dan operasional.


4. Jelaskan secara singkat mengenai rekayasa ulang bisnis!

Jawaban :
Rekayasa ulang bisnis adalah istilah yang diterapkan dalam pengembangan sistem dimana seluruh fungsi bisnis dirancang ulang dari dasar. Rekayasa ulang bisnis didorong oleh beberapa faktor. Salah satunya yaitu gerakan gugus kinerja mutu-total quality manajemen dalam bisnis.

5. Jelaskan secara singkat mengenai laporan perancangan sistem!

Jawaban :
Translasi dari laporan perancangan konseptual ke dalam kinerja sistem yang rinci dan spesifikasi fungsional yang diperlukan untuk memulai perancangan sistem secara fisik.

0 komentar:

Posting Komentar