Pages

Subscribe:

Labels

Sabtu, 13 Oktober 2012

TUGAS SIA (MINGGU I)


SISTEM INFORMASI AKUNTANSI

1. Tinjauan Sekilas Sistem Informasi Akuntansi

Sistem Informasi Akuntansi adalah sebuah sistem informasi yang menangani segala sesuatu yang berkenaan dengan Akuntansi. Akuntansi sendiri sebenarnya adalah sebuah sistem informasi. Fungsi penting yang dibentuk SIA pada sebuah organisasi antara lain:

- Mengumpulkan dan menyimpan data tentang aktivitas dan transaksi,
- Memproses data menjadi into informasi yang dapat digunakan dalam proses pengambilan keputusan,
- Melakukan kontrol secara tepat terhadap aset organisasi.
Subsistem SIA memproses berbagai transaksi keuangan dan transaksi nonkeuangan yang secara langsung mempengaruhi pemrosesan transaksi keuangan.

3 Subsitem SIA yaitu:
- Sistem pemrosesan transaksi
- Sistem buku besar/pelaporan keuangan
- Sistem pelaporan manajemen

1.1. Sistem Informasi dan Organisasi Bisnis

Sistem Informasi adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen. Dalam arti yang sangat luas, istilah sistem informasi yang sering digunakan merujuk kepada interaksi antara orang, proses algoritmik, data, dan teknologi. Dalam pengertian ini, istilah ini digunakan untuk merujuk tidak hanya pada penggunaan organisasi teknologi informasi dan komunikasi (TIK), tetapi juga untuk cara di mana orang berinteraksi dengan teknologi ini dalam mendukung proses bisnis. Ada yang membuat perbedaan yang jelas antara sistem informasi, dan komputer sistem TIK, dan proses bisnis. Sistem informasi yang berbeda dari teknologi informasi dalam sistem informasi biasanya terlihat seperti memiliki komponen TIK. Hal ini terutama berkaitan dengan tujuan pemanfaatan teknologi informasi. Sistem informasi juga berbeda dari proses bisnis. Sistem informasi membantu untuk mengontrol kinerja proses bisnis.

Organisasi Bisnis yaitu suatu organisasi yang melakukan aktivitas ekonomi dan bertujuan untuk menghasilkan keuntungan (profit). Contoh organisasi bisnis adalah radio. Radio disebut organisasi bisnis karena tujuan ekonominya adalah menghasilkan keuntungan melalui kegiatan penyampaian informasi dan hiburan kepada masyarakat. Secara garis besar lingkungan bisnis dapat dibedakan menjadi; lingkungan pasar (market environment), dan lingkungan bukan pasar (nonmarket environment). Yang termasuk dalam lingkungan pasar adalah unsur-unsur dalam sistem pasar yang berpengaruh terhadap kegiatan suatu perusahaan, yang meliputi: langganan, perusahaan yang menyediakan bahan mentah, para pekerja dalam perusahaan, perusahaan lain pesaing maupun bukan pesaing.

1.2. Siklus-Siklus Pemrosesan Transaksi

Sistem Informasi Akuntansi meliputi beragam aktivitas yang berkaitan dengan siklus-siklus pemrosesan transaksi perusahaan, yaitu:

1. Siklus pendapatan.
Kejadian-kejadian yang berkaitan dengan pendistribusian barang dan jasa ke entitas-entitas lain dan pengumpulan pembayaran-pembayaran yang berkaitan,
2. Siklus pengeluaran.
Kejadian-kejadian yang berkaitan dengan perolehan barang dan jasa dari entitas-entitas lain dan pelunasan kewajiban-kewajiban yang berkaitan,
3. Siklus produksi.
Kejadian-kejadian yang berkaitan dengan pengubahan sumberdaya menjadi barang dan jasa,
4. Siklus keuangan.
Kejadian-kejadian yang berkaitan dengan peroleh dan manajemen dana-dana modal, termasuk kas.

1.3. Akuntansi dan Teknologi Informasi

Perkembangan Teknologi Informasi yang berkembang dewasa ini memberikan banyak kemudahan pada berbagai kegiatan bisnis karena sebagai sebuah teknologi yang mentikberatkan pada pengaturan sistem informasi dengan penggunan komputer. Teknologi informasi dapat memenuhi kebutuhan informasi dunia bsinis dengan sangat cepat, tepat waktu, relevan, dan akurat. Teknologi informasi turut berkembang sejalan dengan perkembangan peradaban manusia. Perkembangan teknologi informasi tidak hanya mempengaruhi dunia bisnis, tetapi juga bidang-bidang lain, seperti kesehatan, pendidikan, pemerintahan, dan lain-lain. Kemajuan teknologi informasi juga berpengaruh signifikan pada perkembangan akuntansi yang kegiatannya tidak terlepas dari teknologi informasi tersebut. Semakin maju teknologi informasi semakin banyak pengaruhnya pada bidang akuntansi. Perkembangan teknologi informasi, terutama pada era informasi berdampak signifikan terhadap sistem informasi akuntansi dalam suatu perusahaan. Dampak yang dirasakan secara nyata adalah pemrosesan data yang mengalami perubahan dari manual ke sistem komputer.

1.4. Akuntan dan Pengembangan

Salah satu tujuan dari pengembangan sistem informasi akuntansi adalah menambah nilai bagi perusahaan. Sistem informasi akuntansi dapat member nilai tambah dengan:
- Memberikan informasi yang akurat dan tepat waktu,
- Penerapan sistem informasi akuntansi meningkatkan efektivitas dan efisiensi biaya dalam mengumpulkan informasi ekonomi,
- Membantu serta meningkatkan kualitas keputusan yang akan diambil oleh pihak manajemen,
- Meningkatkan pembagian pengetahuan.

Setiap sistem informasi akuntansi akan melaksanakan fungsi utamanya yaitu:
a. Mengumpulkan dan menyimpan data dari semua aktivitas dan transaksi perusahaan,
b. Memproses data menjadi informasi yang berguna pihak manajemen,
c. Memanajemen data-data yang ada ke dalam kelompok-kelompok yang sudah ditetapkan oleh perusahaan,
d. Mengendalikan control data yang cukup sehingga asset dari suatu organisasi atau perusahaan terjaga.

Pertanyaan dan Jawaban

1. Sistem Informasi Akuntansi mempunyai 3 subsistem sebagai berikut, kecuali…
a. Sistem pemrosesan transaksi
b. Sistem buku besar/pelaporan keuangan
c. Sistem pelaporan manajemen
d. Sistem pelaporan arus transaksi

Jawaban : D

2. Kejadian-kejadian yang berkaitan dengan pendistribusian barang dan jasa ke entitas-entitas lain dan pengumpulan pembayaran-pembayaran yang berkaitan. Pernyataan tersebut adalah pengertian dari…
a. Siklus pendapatan
b. Siklus pengeluaran
c. Siklus produksi
d. Siklus keuangan

Jawaban : A

3. Jelaskan fungsi penting yang dibentuk Sistem Informasi Akuntansi pada sebuah organisasi!

Jawaban:
- Mengumpulkan dan menyimpan data tentang aktivitas dan transaksi,
- Memproses data menjadi into informasi yang dapat digunakan dalam proses pengambilan keputusan,
- Melakukan kontrol secara tepat terhadap aset organisasi.

4. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Sistem Informasi dan Organisasi Bisnis!

Jawaban:
Sistem Informasi adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen. Sedangkan untuk Organisasi Bisnis yaitu suatu organisasi yang melakukan aktivitas ekonomi dan bertujuan untuk menghasilkan keuntungan (profit).

5. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Siklus Keuangan!

Jawaban:
Kejadian-kejadian yang berkaitan dengan peroleh dan manajemen dana-dana modal, termasuk kas.


0 komentar:

Posting Komentar